Cara Mudah Menghafal Nama Surat di Dalam Al-Qur’an Dalam Hitungan Menit

Cara Mudah Menghafal Nama Surat di Dalam Al-Qur’an – Berbagai cara dilakukan agar mudah dan cepat menghafal al- Quran, berbagai metode juga diajarkan oleh para pakar, ahli, dan hafidz.

Salah satu cara menghafal surat Al-Qur’an adalah dengan cara menghafalkan sebuah cerita yang bisa dibayangkan secara visual.

Cara Mudah Menghafal Nama Surat di Dalam Al-Qur’an dengan Metode Cerita

Dalam metode cerita ini, metodenya melalui arti atau terjemahan dari nama surat dalam Al-Qur’an. Yang harus diperhatikan di sini bukanlah kebenaran ceritanya, melainkan kemudahan menghafal dan mengingat nama-nama surat Al-Qur’an karena yang kita buat ini sebenarnya fiktif dan tidak nyata.

Cerita di bawah ini terpisah-pisah (1 cerita 10 surat, kecuali cerita ke 10 yaitu surat 91 sampai surat 99 dan cerita ke 11 untuk surat 100 sampai 114). Dengan metode ini InsyaAllah Ini akan membantu kita mengingat dan mengingat nama-nama Surat Quran dengan jauh lebih mudah. Ingat, bukan cerita yang diingat, melainkan alur ceritanya nama-nama surat Al-Qur’an (dan terjemahan) yang ditulis dengan surat tebal dan kapital. PEMBUKAAN, SAPI BETINA, dll.

Yuk kita mulai, caranya adalah sebagai berikut;

  1. Baca cerita (misalnya, Cerita I; surat 1-10) dengan senyum di wajah Anda.
  2. Dapat dibaca tanpa suara atau nyaring. Perhatikan kata-kata yang dicetak tebal dan berikan penekanan yang berbeda dari kata-kata yang tidak dicetak tebal.
  3. Bayangkan diri Anda sebagai aktor atau terlibat langsung dalam naskah. Jika memungkinkan, visualisasikan dan gerakkan anggota tubuh Anda secara bersamaan sebagai bentuk kreasi dalam imajinasi Anda.
  4. Tulis ulang kata-kata yang dicetak tebal sesuai dengan yang Anda ingat, kemudian cocokkan dan urutkan secara berurutan.
  5. Setelah berhasil menulis ulang kata-kata yang ditebalkan, coba ulangi (ingat) naskah dengan melihat kata-katanya tanpa harus sama persis.

b. Cara Mengingat Ulang Nama Surat

Jika Anda lupa nama surat tertentu, misalnya jika Anda lupa nama surat ke-13, Anda akan langsung mengingat skenarionya. Mulailah dengan urutan surat ke-11, yaitu HUD. Maka Anda akan ingat bahwa HUD dan YUSUF melihat PETIR. Secara otomatis dalam hitungan menit atau bahkan detik, Anda akan segera mengingat bahwa surat ke-13 adalah Surat PETIR (artinya Ar-Ra’ad dalam bahasa Arab).

c. Teknis Menghafal Surat Al-Qur’an Otak Kanan

Berikut ini teknis dan tata cara menghafal nama–nama surat dengan metoda cerita yang dibagi dalam 11 bagian (cerita) agar memudahkan kita dalam penguasaan maksimal dan cepat.

Cerita 1 Menghafal Nama Surat Al-Quran 1 – 10

PEMBUKAAN (1. Al-Fatihah) sarapan pagi, iqbal minum susu SAPI BETINA (2. Al-Baqarah) dari peternakan KELUARGA IMRAN (3. Ali ’Imran). Peternakan itu dikelola anak PEREMPUAN (4. An-Nisa’).

kemudian iqbal makan HIDANGAN (5. Al-Maidah) yang lezat. Selesai makan iqbal menggembalakan BINATANG TERNAK (6. Al-An’am) di TEMPAT TERTINGGI (7. Al-A’raf).

Sementara itu ayah iqbal membaca kitab hukum HARTA RAMPASAN PERANG (8. Al-Anfal). Kitab itu memuat cara PENGAMPUNAN (9. At-Taubah) dari dosa seperti tabautnya Nabi YUNUS (10. Yunus).

Cerita 2 Menghafal Nama Surat Al-Quran 11 – 20

Ketika hujan, HUD (11. Hud) dan YUSUF (12. Yusuf) melihat PETIR (13. Ar-Ra’ad).

IBRAHIM (14. Ibrahim) yang juga kehujanan dan berteduh di rumah paman HIJR (15. Al-Hijr) dekat peternakan LEBAH (16. An-Nahl).

Sambil menunggu hujan reda, Ibrahim menonton film sejarah PERJALANAN MALAM HARI (17. Al-Isra) PENGHUNI GUA (18. Al-Kahf), bersama sepupunya MARYAM (19. Maryam) dan TOHA (20. Toha)

Cerita 3 Menghafal Nama Surat Al-Quran 21 – 30

PARA NABI (21. Al-Anbiya) pergi HAJI (22. Al-Hajj) diikuti ORANG-ORANG BERIMAN (23. Al-Mu’Minun). Mereka bagaikan CAHAYA (24. An-Nur) suci PEMBEDA (25. Al-Furqon).

Sedangkan PARA PENYAIR (26. Asy-Syu’ara’) membuat syair tentang SEMUT (27. An-Naml) yang dimuat di buku KISAH-KISAH (28. Al-Qashash) BINATANG. Mereka juga membuat syair tentang LABA-LABA (29. Al-‘Ankabut) dari BANGSA ROMAWI (30. Ar-Rum).

Cerita 4 Menghafal Nama Surat Al-Quran 31 – 40

LUKMAN (31. Luqman) tidak ber-SUJUD (32. As-Sajdah) kepada GOLONGAN YANG BERSEKUTU (33. Al-Ahzab) di NEGERI SABA (34. Saba’), Karena Allah Maha PENCIPTA (35. Fathir).

YASIN (36. Yasin) melihat rombongan orang YANG BERBARIS (37. Ash-Shaffat) membentuk huruf SHOD (38. Shad). ROMBONGAN-ROMBONGAN (39. Az-Zumar) itu memohon agar Allah MENGAMPUNI (40. Ghafir) dosa mereka.

Cerita 5 Menghafal Nama Surat Al-Quran 41 – 50

Alhamdulillah telah DIJELASKAN (41. Fushshilat) oleh Ustad pada MUSYAWARAH (42. Asy-Syura) teentang pembagian PERHIASAN (43. Az-Zukhuf) warisan.

Turunnya KABUT (44. Ad-Dukhan) membuat musuh-musuh YANG BERLUTUT (45. Al-Jatsiyah) menyerah di balik BUKIT-BUKIT PASIR (46. Al-Ahqaf). Ketika itu, NABI MUHAMMAD SAW (47. Muhammad) mendapat KEMENANGAN (48. Al-Fath). Pintu KAMAR-KAMAR (49. Al-Hujurat) pun ditulisi huruf QAF (50. Qaf)

Cerita 6 Menghafal Nama Surat Al-Quran 51 – 60

DEBU YANG DITERBANGKAN (51. Adz-Dzariyat) angin menghembus ke BUKIT (52. Ath-Thur) pada malam hari. Pada saat itu, BINTANG (53. An-Najm) dan BULAN (54. Al-Qamar) bersinar sebagai bukti kuasa Allah YANG MAHA PEMURAH (55. Ar-Rahman).

Pada HARI KIAMAT (56. Al-Waqi’ah), BESI (57. Al-Hadid) pun hancur. Orang YANG BERBANTAHAN (58. Al-Mujadilah) mengalami PENGUSIRAN (59. Al-Hasyr) sebagaimana menimpa PEREMPUAN YANG DIUJI (60. Al-Mumtahanah).

Cerita 7 Menghafal Nama Surat Al-Quran 61 – 70

BARISAN (61. Ash-Shaff) orang – orang beriman pada HARI JUM”AT (62. Al-Jumu’ah) berbeda dengan ORANG-ORANG MUNAFIK (63. Al-Munafiqun). Pada saat HARI MENAMPAKKAN KESALAHAN (64. At-Taghabun) terjadi PERCERAIAN (65. Ath -Thalaq) antara yang benar dan salah.

Karena jalan rusak, petugas MENGHARAMKAN (66. At-Tahrim) truk besar memasuki KERAJAAN (67. Al-Mulk) dan ditulis dengan PENA (68. Al-Qalam). Pada HARI YANG PASTI TERJADI (69. Al-Haqqah) itu tidak ada TEMPAT TEMPAT NAIK (70. Al-Ma’arij) ke dalam istana.

Cerita 8 Menghafal Nama Surat Al-Quran 71 – 80

NUH (71. Nuh) diganggu JIN (72. Al-Jinn) saat ORANG YANG BERSELIMUT (73. Al-Muzammil) dan ORANG YANG BERKEMUL (74. Al-Muddatstsir) tertidur pulas.

Pada hari KIAMAT (75. Al-Qiyamah), MANUSIA (76. Al-Insan) didatangi MALAIKAT – MALAIKAT YANG DIUTUS (77. Al-Mursalat) menyampaiakan BERITA BESAR (78. An-Naba).

Ketika datang MALAIKAT-MALAIKAT MENCABUT (79. An-Nazi’at) nyawa, manusia pun BERMUKA MASAM (80. ‘Abasa).

Cerita 9 Menghafal Nama Surat Al-Quran 81 – 90

Gempa MENGGULUNG (81. At-Takwir) bumi hingga TERBELAH (82. Al-Infithar). ORANG- ORANG YANG CURANG (83. Al-Muthaffifin) pun ikut TERBELAH (84. Al-INsyiqaq). Mereka hancur lebur bersama GUGUSAN BINTANG (85. Al-Buruj), diantaranya bintang YANG DATANG DI MALAM HARI (86. Ath-Thariq).

Di tempat YANG TERTINGGI (87. Al-A’la) pada HARI PEMBALASAN (88. Al-Ghasyiyah), tidak akan muncul FAJAR (89. Al-Fajr) di NEGERI (90. Al-Balad) manapun.

Cerita 10 Menghafal Nama Surat Al-Quran 91 – 99

MATAHARI (91. Asy-Syams) tenggelam saat MALAM (92. Al-Lail) tiba. Matahari bersinar ketika WAKTU DHUHA (93. ADH-DHUHA) MELAPANGKAN (94. Al-Insyirah) rezeki dan menumbuhkan BUAH TIN (95. At-Tin).

Dari SEGUMPAL DARAH (96. AL-‘Alaq) manusia meraih KEMULIAAN (97. Al-Qadr).

Perlu PENJELASAN (98. Al-Bayyinah) mengapa terjadi KEGONCANGAN (99. Az-Zalzalah) akibat KUDA PERANG YANG BERLARI KENCANG (100. Al-Adiyat)

Cerita 11 Menghafal Nama Surat Al-Quran 100 – 114

Pada HARI KIAMAT (101. AL-Qari’ah) tidak bisa lagi BERMEGAH – MEGAHAN (102. At-Takatsur). Pada MASA ( 103. Al-‘Ashr) itu PARA PENGUMPAT (104. Al-Humazah) dinjak injak oleh GAJAH (105. Al-Fil) milik SUKU QURAISY (106. Quraisy). tanpa menyisakan BARANG BARANG YANG BERGUNA (107. Al-Ma’un) sedikit pun, apalagi NIKMAT YANG BANYAK (108. Al-Kautsar) , semuanya pergi dari ORANG ORANG KAFIR (109. Al-Kafirun).

Mereka tidak mendapat PERTOLONGAN (110. An-Nashr) dari API YANG BERGEJOLAK (111- Al-Lahab). Hanya KEMURNIAN (112. AL-Ikhlas) hati di WAKTU SUBUH (113. Al-Falaq) yang membuat MANUSIA (114. An-Nas) selamat.

Demikianlah Cara Mudah Menghafal Nama Surat di Dalam Al-Qur’an dengan Otak Kanan, InsyaAllah Anda bisa menghafalnya dengan Mudah, dan mudah mudahan kita semua diberikan istiqamah dalam belajar AL-Qur’an InsyaAllah.

Tinggalkan komentar